Jalan Tol Solo–Jogjakarta–YIA Kulon Progo Siap Dibangun

Jalan Tol Solo–Jogjakarta–YIA Kulon Progo Siap Dibangun
Editorial
14 September 2020

Wates - Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo menyaksikan penandatanganan kontrak perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) ruas Solo–Jogjakarta–Kulon Progo/ Yogyakarta International Airport (YIA) antara Pemerintah dan PT Adhi Karya, melalui virtual zoom meeting di Command Room, Dinas Kominfo, Rabu (9/9/2020).

Proyek jalan tol ini akan menghubungkan Solo–Jogjakarta hingga Yogyakarta International Airport (YIA) dengan panjang total 96,57 kilometer. Pembangunan  tersebut akan dikerjakan oleh konsorsium gabungan dari BUMN dan swasta, meliputi PT Daya Mulia Turangga-PT Gama Group bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Muhammad Wahid Sutopo, dan Direktur Utama BUJT Konsorsium PT Jogjasolo Marga Makmur Adrian Priohutomo.

Proses penandatanganan turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sambutannya mengatakan pihaknya menargetkan ada penandatanganan PPJT lagi untuk jalan tol Bawen–Jogja. ”Jadi, nanti Joglosemar (kawasan Jogja, Solo, Semarang) sudah saling terkoneksi dan menjadi segi tiga emas yang terus bergerak tumbuh, khususnya untuk kawasan wisata,’’ ujarnya.

’’Alhamdulillah, konsorsiumnya lead dari swasta, sedangkan Tut Wuri Handayani-nya juga ini ada Adhi Karya dan Jasa Marga. Jalan tol ini sudah sangat lama ditunggu masyarakat,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo mengatakan Saat ini tahapan pembangunan rencana jalan tol Solo-Jogjakarta di wilayah Klaten masih dalam proses persiapan yakni sosialisasi dan konsultasi publik dan pengadaan tanah untuk jalan tol Solo-Jogja.

“Program itu sudah jelas dilaksankan hanya Solo-Jogja. Untuk Jogja-YIA belakangan setelah Solo-Jogja selesai. Jadi mungkin tahunnya masih ditunda lagi, karena belum ada sosialisasi terhadap publik,” ujar Sutedjo, usai menyaksikan penandatanganan kontrak, di Command Room, Dinas Kominfo.

Sutedjo menambahkan rencananya pembangunan ruas tol yang akan dibuat di Kulon Progo terdapat tiga titik exit Tol yang berada di wilayah Sentolo yakni di daerah Bangun Cipto, kemudian sebelah utara Wates dan Utara Bandara YIA.

Jalan tol Solo–Jogjakarta–YIA Kulon Progo akan memiliki panjang 96,57 km dengan 3 seksi. Yakni, seksi 1 membentang dari Kartasura ke Purwomartani sepanjang 42,37 km. Seksi 2 meliputi Purwomartani hingga Gamping sepanjang 23,42 km. Kemudian seksi 3 dari Gamping ke Purworejo sepanjang 30,77 km.

Sumber –  https://kulonprogokab.go.id/v31/detil/7890/Jalan-Tol-SoloJogjakartaYIA-Kulon-Progo-Siap-Dibangun